Sekilas FEB

Eksistensi FEB UNIKI:
Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) merupakan salah satu fakultas yang ada di Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI). UNIKI merupakan perguruan tinggi swasta pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia, dilingkungan LLDIKTI XIII Provinsi Aceh. Perguruan tinggi ini dibawah naungan Yayasan Kebangsaan Bireuen–Aceh, sebagai Badan Penyelenggara. Yayasan yang berdiri tanggal 12 Muharram 1428H, bertepatan dengan 31 Januari 2007 M, dipimpin oleh Hj. Nuryani Rachman, S.Pd sebagai Ketua Yayasan, dan Dr. H. Amiruddin Idris, SE., M.Si sebagai Ketua Pembina Yayasan. Pendiriannya melalui Akte Notaris Tri Yuliza, SH No: 89/2007 dan telah mendapat pengesahan dari Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia Nomor: AHU-1684.AH.01.02 tertanggal 25 April 2008.
Universitas Islam Kebangsaan Indonesia merupakan PTS hasil penggabungan dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Kebangsaan, Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Kebangsaan dan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Bina Bangsa Lhokseumawe dengan SK Kemenristek Dikti Nomor : 342/KPT/I/2019 tanggal 30 April 2019.
Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Yayasan Kebangsaan Nomor: 031/SK/YKB/KL2019 tanggal 20 Mai 2019, dan disahkan serentak dengan pendirian UNIKI, yakni tanggal 30 April 2019 berdasarkan SK Kemenristek Dikti Nomor : 342/KPT/I/2019 tersebut. Fakultas ini merupakan kelanjutan dari sebelumnya merupakan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Kebangsaan Bireuen yang berdiri tahun 2008 dengan Surat Keputusan Mendiknas RI Nomor: 228/D/O/2008. Saat ini FEB memikiki tiga program studi yaitu Program Studi Manajemen (S1), Program Studi Akuntansi (S1) dan Program Studi Magister Manajemen (S2) dengan jumlah mahasiswa yang aktif dan tercatat pada Pangkalan Data Dikti (https://pddikti.kemdikbud.go.id) tahun akademik 2019/2020 sebanyak 1886 mahasiswa dan 38 dosen. Dengan rincian, 1308 mahasiswa, 22 dosen PS Manajemen (S1), 401 mahasiswa, 8 dosen PS Akuntansi (S1), dan 177 mahasiswa, 8 dosen PS Magister Manajemen (S2).

Pendidikan di FEB-UNIKI bertujuan:

  1. berkembangnya potensi Mahasiswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Allah Yang Maha Kuasa dan berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, Islami, terampil, kompeten, dan berbudaya untuk kepentingan bangsa dan agama;
  2. dihasilkannya lulusan yang menguasai cabang Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi untuk memenuhi kepentingan nasional dan peningkatan daya saing bangsa;
  3. dihasilkannya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi melalui Penelitian yang memperhatikan dan menerapkan nilai Humaniora dan agama agar bermanfaat bagi kemajuan bangsa, serta kemajuan peradaban dan kesejahteraan umat manusia; dan
  4. terwujudnya Pengabdian kepada Masyarakat berbasis penalaran dan karya Penelitian yang bermanfaat dalam memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Prinsip Penyelenggaraan Pendidikan FEB-UNIKI:

  1. penyelenggaraan pendidikan dengan prinsip-prinsip ajaran Islam.
  2. pencarian kebenaran ilmiah oleh Sivitas Akademika;
  3. demokratis dan berkeadilan serta tidak diskriminatif dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia, nilai agama, nilai budaya, kemajemukan, persatuan, dan kesatuan bangsa;
  4. pengembangan budaya akademik dan pembudayaan kegiatan baca tulis bagi Civitas Akademika;
  5. pembudayaan dan pemberdayaan bangsa yang berlangsung sepanjang hayat;
  6. keteladanan, kemauan, dan pengembangan kreativitas Mahasiswa dalam pembelajaran;
  7. pembelajaran yang berpusat pada Mahasiswa dengan memperhatikan lingkungan secara selaras dan seimbang;
  8. kebebasan dalam memilih Program Studi berdasarkan minat, bakat, dankemampuan Mahasiswa.
  9. satu kesatuan yang sistemik dengan sistem terbuka dan multimakna;
  10. keberpihakan pada kelompok Masyarakat kurang mampu secara ekonomi; dan
  11. pemberdayaan semua komponen Masyarakat melalui peran serta dalam penyelenggaraan dan pengendalian mutu layanan Pendidikan di FEB-UNIKI

FEB-UNIKI sebagai lembaga Pendidikan Tinggi dalam mengatur penyelenggaraan pendidikan selalu memperhatikan aspek-aspek dari komponen sistem pendidikan sebagai berikut:

  1. Mahasiswa sebagai peserta didik, yang secara kodrati memiliki perbedaanperbedaan individual baik dalam bakat, minat, maupun kemampuan akademik.
  2. Tuntutan kebutuhan masyarakat terhadap tenaga ahli yang semakin meningkat.
  3. Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang semakin pesat.
  4. Sumber Daya Manusia (SDM) yang meliputi Dosen dan tenaga administrasi sebagai pelaksana dan pendukung dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  5. Sarana dan Prasarana pendidikan seperti ruang kuliah, perpustakaan, laboratorium dan sarana lainnya yang memadai.
  6. Perubahan/perkembangan lingkungan baik regional, nasional maupun internasional.
  7. Nilai-nilai agama, etika dan moral yang berlaku di masyarakat.